Kenali Jenis-Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Kenali Jenis-Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Beragam jenis jerawat bisa muncul kapan saja, akibat pengaruh hormon, kurang menjaga kebersihan wajah, hingga kebiasaan sering menyentuh kulit dengan tangan yang kotor. Beda jenis jerawat yang diderita, tentunya berbeda pula penanganannya.

1. Whitehead dan Blackhead

Kedua jerawat yang mengesalkan ini muncul ketika pori-pori tersumbat oleh minyak berlebih, bakteri, dan sel kulit mati. Jika pori-pori menutup, kamu akan melihat benjolan kecil yang terlihat putih atau berwarna kulit. Ini adalah whiteheads.

Bedanya dengan blackheads, sesuai namanya, warnanya adalah hitam. Blackheads ini muncul ketika pori-pori terisi dengan kotoran tetapi tetap terbuka. Umumnya, disebut juga dengan komedo. Bintik-bintik hitam itu bukanlah kotoran, jadi jangan digosok. Itu hanya akan memperburuk jerawatmu.

Menurut American Academy of Dermatology Association, ada beberapa cara untuk mengatasi whiteheads dan blackheads ini. Untuk membuka pori-pori, dokter kulit akan merekomendasikan penggunaan retinoid atau benzoil peroksida. Ini dapat membantu menyingkirkan bakteri P. acnes berlebih pada kulitmu.

Sedangkan untuk whitehead atau blackheads yang membandel, prosedur seperti ekstraksi komedo akan dapat membantu. Kamu butuh bantuan dokter kulit untuk bisa menyingkirkannya.

2. Papula

Kalau whitehead maupun blackhead terjadi di permukaan kulit, papula dipicu kelebihan sebum, bakteri dan sel kulit mati yang terdorong lebih dalam ke kulit. Memicu radang yang merah dan bengkak, jerawat ini tampak seperti benjolan kecil berwarna merah.

American Academy of Dermatology Association merekomendasikan untuk mencuci wajah dua kali sehari, dengan pembersih wajah yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Untuk kulit yang menderita lebih banyak papula, segera temui dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Pustula

Mirip dengan papula, bedanya jerawat ini memiliki bagian tengah berwarna kuning atau putih. Menggoda untuk dipecahkan, sebaiknya hindari melakukannya karena bisa memicu iritasi dan memperburuk kulit berjerawat. Solusinya, cuci wajah dengan produk skincare yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Jika belum ada perubahan yang memuaskan dalam 6-8 minggu, segera bikin janji dengan dokter kulit.

4. Kistik

Dari berbagai jenis jerawat, kistik dianggap yang terbandel. Pasalnya, jerawat ini menembus jauh ke dalam kulit dan sering menyebabkan bekas jerawat permanen saat sembuh. Segera minta bantuan ke dokter kulit untuk mengobatinya. Semakin cepat memulai perawatan, semakin sedikit bekas luka yang kamu alami.

Meskipun kulit berjerawat bisa menganggu kepercayaan diri, lawan insecure dengan hal-hal yang membuat dirimu lebih bahagia. Mulai dengan stop membandingkan diri, memompa rasa percaya diri dengan mengenakan OOTD yang fashionable, hingga dandan tipis-tipis untuk mengalihkan perhatian dari jerawat.

Tak kalah penting, rutin rawat kesehatan kulit dengan produk yang diformulasikan untuk merawat kulit berjerawat seperti Natur-E Hijau Face Cream. Bisa digunakan untuk semua jenis kulit, Vitamin E alami di dalamnya menjaga kulit tetap lembap tanpa minyak berlebih, sekaligus mencegah jerawat. Formulanya makin lengkap dengan diperkaya minyak biji buah delima yang efektif menangkal efek buruk radikal bebas, serta tabir surya yang melindungi kulit dari sinar matahari. 

Selain kulit wajah, rawat kulit tubuh dengan Natur-E Hijau Hand & Body Lotion untuk mengunci kelembapan kulit. Kandungan vitamin E alami berbentuk butiran e-beads menjaga kulit lembap selama 8 jam tanpa rasa lengket, sedangkan kandungan tabir surya melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. 

Tidak cukup hanya merawat kulit dari luar, kecukupan nutrisi dari dalam juga wajib diperhatikan. Rutin konsumsi buah dan sayur, serta #MulaiDari100 untuk atasi masalah kulit berjerawat dengan Natur-E Hijau Soft Capsule 100 IU. Kandungan vitamin E alami 100IU dari minyak biji bunga matahari dan minyak biji gandum ampuh merawat kulit sejak dini, sekaligus bantu jaga imun tubuh. 

Bebas perasaan insecure dengan #Mulaidari100 agar kulit sehat bebas jerawat bersama rangkaian produk Natur-E Hijau!

Baca juga :
triger otp-1

Kode akan dikirim ke nomor berikut:


triger otp-2

Masukkan kode kamu
di sini:


triger otp-3

Kode yang kamu masukkan salah.

Yuk cek lagi!