Dampak Gunakan Makeup Tebal di Usia Muda Bisa Picu Penuaan Dini

Perempuan memang tidak bisa dipisahkan dari makeup, terutama mereka yang sehari-hari bekerja di luar rumah. Kebanyakan memilih menggunakan makeup tebal untuk menyamarkan kekurangan dan menonjolkan kelebihan bagian wajahnya. Sayangnya penggunaan makeup tebal sejak muda dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit, seperti munculnya gejala penuaan dini berikut ini.
1. Bahan Kosmetik Pemicu Masalah Kulit
Kandungan dalam produk kosmetik dapat menimbulkan masalah bagi kulit. Zinc oxide, dimethicone dan propylene yang biasa ditemukan pada makeup akan menutup pori-pori kulit. Jika dikombinasikan dengan minyak dan keringat, dapat membuat kulit tampak kusam dan memicu jerawat. Ada juga Bismuth Oxychloride yang terkandung dalam makeup mineral, dapat menyebabkan iritasi dan kulit mengelupas.
2. Pengaplikasian Makeup Bikin Kulit Kendur
Selain dari produk kosmetik itu sendiri, cara pengaplikasian riasan yang cenderung kasar dan tergesa-gesa pun dapat memicu kulit kendur dan kerutan. Mengenakan eyeliner misalnya, ada beberapa orang yang terbiasa menarik kulit di area mata untuk mendapat hasil yang diinginkan, akibatnya rentan kendur dan muncul keriput. Hindari meratakan pelembap atau foundation dengan kasar, cukup dengan gerakan memutar untuk membaurkannya hingga merata.
3. Memicu Kulit kering
Dalam beberapa kasus, foundation atau bedak dapat membuat kulit kering, bersisik, dan pucat. Jika dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan bakteri masuk dan memicu infeksi. Selain itu, kulit yang kering juga menyebabkan gatal dan kemerahan yang bakal mengganggu penampilan dan mengurangi rasa pede. Untuk mengatasinya, oleskan pelembap sekitar lima menit sebelum mengenakan riasan apapun.
4. Pori Tersumbat dan Jerawat
Penggunaan makeup sepanjang hari dapat memicu penyumbatan pori, apalagi jika tidak dibersihkan secara maksimal. Sisa riasan akan masuk ke dalam pori-pori kulit dan bercampur dengan kotoran, debu, dan bakteri yang akan menyebabkan jerawat dan komedo. 
Untuk mengatasinya, American Academy of Dermatology menyarankan untuk memilih makeup berlabel noncomedogenic. Selain itu, lakukan rutinitas membersihkan kulit wajah di malam hari agar pori-pori terbebas dari sumbatan.
5. Kulit Wajah Jadi Kusam
Penggunaan makeup seharian penuh dapat menghalangi kesempatan kulit wajah untuk bernapas bebas. Hasilnya, kulit jadi tampak kusam dan jauh dari kesan bercahaya. Jika memungkinkan, hindari mengenakan makeup tebal sehari penuh, dan memperbanyak waktu tampil tanpa makeup agar kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.
Ada banyak hal yang memicu penuaan dini, penggunaan kosmetik di usia dini merupakan salah satunya. Yuk, lindungi kesehatan dan kecantikan kulit baik dari dalam maupun luar dengan rangkaian perawatan dari Natur-e. Gunakan Natur-e Hijau Face Cream yang mengandung vitamin E alami dan minyak biji delima yang menutrisi dan melembapkan kulit. Tabir surya di dalamnya melindungi kulit dari efek buruk sinar UV A dan B yang menjadikannya kusam dan kering.
Lengkapi perawatan kulit dari dalam dengan mengonsumsi Natur-e Hijau Soft Capsule. Kandungan 100 IU vitamin E alami dari minyak biji gandum dan minyak biji bunga matahari ampuh merawat kulit agar terhindar dari penuaan dini. Cukup minum sehari sekali setelah makan malam untuk memberikan perlindungan pada kulit cantikmu.
Penggunaan makeup memang tidak dilarang, tapi perhatikan juga kondisi kulit dan rawat agar terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

Baca juga :
triger otp-1

Kode akan dikirim ke nomor berikut:


triger otp-2

Masukkan kode kamu
di sini:


triger otp-3

Kode yang kamu masukkan salah.

Yuk cek lagi!


Yuk, jadi orang pertama yang tau informasi terbaru seputar kulit cantik dan sehat
dengan mengaktifkan notifikasi dari natur-e.co.id


Tidak nanti saja