menghilangkan kerutan halus di wajah

7 Cara Menghilangkan Kerutan Halus di Wajah dan Penyebabnya!

Sebenarnya, munculnya kerutan halus di sekitar area wajah tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia. Terlebih jika kita sebagai orang yang aktif dengan berbagai aktivitas tidak melakukan perawatan khusus pada area tersebut.

Selain kerutan halus, seseorang juga bisa mengalami masalah lain dalam berubahnya tekstur dan kontur kulit, yaitu garis halus. Meski sekilas tampak sama jika dilihat, namun kerutan dan garis halus punya sedikit perbedaan nih Naturian.

Garis halus biasanya muncul di area sudut di sekitar wajah, baik itu area sudut mata ataupun sudut bibir kita. Namun yang pasti, keduanya dapat muncul akibat penuaan alami maupun faktor eksternal.

Munculnya Kerutan Halus Pada Wajah
Seiring bertambahnya usia, terlebih jika seseorang telah memasuki fase akhir usia kepala 3 dan mulai memasuki fase usia kepala 4. Ini terjadi karena seiring waktu, elastisitas kulit seseorang akan berkurang. Begitupun dengan skin barrier yang melindungi lapisan epidermis kulit mulai menipis dan menyebabkan rentannya kulit terhadap perubahan kondisi.

Berkurangnya elastisitas kulit dapat menyebabkan timbulnya kerutan pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, sedangkan menipisnya skin barrier dapat membuat kulit seseorang jadi lebih cepat kering.

Sedangkan garis halus adalah retakan pada area-area rawan, yaitu seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di beberapa area sudut pada wajah. Faktor alami yang dapat menyebabkan terbentuknya garis halus mirip dengan munculnya kerutan halus.

Kerutan Halus Muncul Akibat Faktor
Namun, garis halus dapat muncul akibat faktor eksternal berupa gaya hidup, seperti:

  • Paparan terhadap radiasi UVA dan UVB dari sinar matahari langsung di kulit dalam jangka panjang dapat menimbulkan beberapa masalah pada kulit. Kulit akan menjadi kering, kehilangan elastisitasnya, dan juga mulai muncul garis-garis halus
  • Merokok juga dapat menjadi faktor eksternal terbentuknya garis halus di sekitar area bibir. Ini terjadi karena seringnya terjadi kontraksi otot-otot pipi dan di sekitar bibir hasil dari gerakan menghisap yang dilakukan. Selain itu zat-zat beracun yang terkandung pada asap rokok juga dapat merusak jaringan kulit dan membuat kulit wajah menjadi kusam.
  • Kekurangan cairan. Jika tubuh kita dehidrasi maka fungsi sebagian besar organ juga akan terganggu, termasuk kulit. Sel-sel di dalam tubuh tidak akan berfungsi dengan baik, termasuk sel-sel kulit yang kehilangan kelembapan alaminya.
  • Terlalu sering cemberut. Apakah kamu tahu Naturian? Bahwa ekspresi cemberut menggunakan lebih banyak otot pada wajah dibandingkan dengan tersenyum. Jadi, secara tidak langsung mood yang bagus juga memang berpengaruh dalam menjaga kondisi kulit agar tampil awet muda tanpa kerutan serta garis halus.

Berdasarkan fakta di atas, kita bisa mengetahui bahwa kerutan halus dan garis halu dapat muncul pada seseorang yang mungkin baru berusia 20an tahun. Untuk mencegah hal tersebut, kamu dapat melakukan berbagai hal berikut ini nih, Naturian.

Kerutan Halis Muncul Usia 20an

1. Batasi Asupan Gula

Siapa sih yang tidak suka makanan dan minuman manis? Apalagi sekarang kamu dengan mudah menemukan berbagai jenis minuman manis kekinian mulai dari kopi, teh, dan jus yang menggunakan berbagai jenis pemanis dalam jumlah besar setiap porsinya.

Ternyata, konsumsi gula dan karbohidrat terlalu banyak dapat menyebabkan tubuh kita memproduksi lebih sedikit kolagen dari seharusnya. Seperti yang kamu ketahui, ketika kulit kita kekurangan kolagen maka kekenyalan atau elastisitasnya akan berkurang. Setelah itu, akan mudah timbul kerutan halus dan garis halus.

 

2. Hentikan Kebiasaan Merokok.

Merokok memang kebiasaan yang sangat buruk untuk berbagai aspek pada tubuh kita. Selain kesehatan organ dalam seperti paru-paru yang akan terganggu, kondisi kulit juga dapat terganggu dengan kebiasaan buruk ini. Seperti munculnya kerutan halus di sekitar area luar bibir akibat gerakan menghisap yang dilakukan terus menerus.

 

3. Konsumsi Makanan Dengan Nutrisi Seimbang

Konsumsi Makanan Dengan Nutrisi Seimbang

Selain membatasi asupan gula, kamu juga perlu memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Terutama buah dan sayuran yang mengandung vitamin C, D, E, dan K. Khusus untuk vitamin E, kamu dapat memenuhi asupan harianmu dengan mengonsumsi suplemen vitamin E dari Natur-E. Kamu dapat memilih Natur-E Hijau Soft Capsule 100IU, Natur-E Orange Soft Capsule 300IU, Natur-E White Soft Capsule dengan Glutathione, atau Natur-E Advanced Soft Capsule dengan kandungan antioksidan Astaxanthin dan juga Lycopene.
 

4. Cukupi Asupan Air Putih

Cukupi Asupan Air Putih
Yap, suplemen vitamin E serta nutrisi baik bagi tubuh yang lainnya tidak akan berguna tanpa air. Karena, air melarutkan berbagai zat yang kita konsumsi untuk kemudian diedarkan ke seluruh tubuh melalui sel darah merah. Dan tentu saja, asupan air putih yang mencukupi juga menjaga kelembapan alami kulit.

 

5. Gunakan Tabir Surya

Gunakan Tabir Surya
Tabir surya melindungi kulit dari paparan langsung kulit terhadap sinar UVA dan UVB yang dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit. Kamu akan terhindar dari kulit kusam dan juga kulit kering yang lama kelamaan akan menimbulkan kerutan halus jika tidak ditangani dengan baik.

Beberapa produk Natur-E juga ada yang mengandung tabir surya lho Naturian. Natur-E White Brightening Day Cream mengandung SPF18 dan PA++, Natur-E Advanced Anti-Aging Day Cream yang mengandung SPF23/PA+, keduanya dapat kamu gunakan sesuai kebutuhan sebelum beraktivitas pada pagi hari. Mulai harimu dengan perlindungan terbaik bagi kulit wajah!

 

6. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang Cukup
Begadang adalah musuh bagi tubuh. Selain kamu akan kekurangan istirahat, kamu juga akan kehilangan kesempatan memberikan tubuh waktu untuk meregenerasi sel-sel yang ada. Tidak terkecuali dengan sel-sel pada kulit. Kamu pasti tahu perihal “mata panda” dan juga kantung mata yang sangat mengganggu penampilan. Keduanya dapat disebabkan oleh kurangnya istirahat yang dilakukan oleh seseorang.
 

7. Gunakan Eye Cream dan Serum Natur-E

Gunakan Eye Cream dan Serum
Ini nih yang paling penting Naturian., gunakan eye cream dan serum Natur-E yang mengandung berbagai bahan aktif dan bahan alami yang teruji klinis dalam merawat kondisi kulitmu.

Seperti Natur-E Advanced Anti-Aging Eye Cream, yang mengandung antioksidan super Astaxanthin dan disempurnakan oleh SkinRefine Formula, Natur-E Advanced Anti-Aging Eye Cream mengurangi kerutan halus serta kantung kata yang dapat mengganggu penampilanmu

Gunakan eye cream dengan cara berikut ini:
- Oles dan ratakan cream di area bawah mata
- Pijat secara perlahan


Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat menggunakannya pada pagi dan malam hari secara rutin.
Lalu ada Natur-E Advanced Anti-Aging Serum yang juga mengandung antioksidan super Antaxathin yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan halus di sekitar wajah dalam 2 minggu pemakaian.

Gunakan dengan cara seperti ini:
- Oles dan ratakan serum ke seluruh area wajah
- Pijat secara lembut dan menyeluruh


Manjakan kulitmu pada saat kamu tidur, Naturian!

Pentingnya Menjaga Kondisi Kulit Wajah
Jadi, seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa menjaga kondisi kulit itu sangat penting untuk dapat tampil cantik alami setiap hari. Meski kerutan halus dan garis halus adalah tanda penuaan yang tidak bisa dihindari, kamu yang masih dalam usia dewasa muda juga sudah mulai dapat merasakannya jika gaya hidup yang kalian lakukan memang jadi penyebab terbentuknya garis halus serta kerutan pada wajah.
 

Baca juga :
triger otp-1

Kode akan dikirim ke nomor berikut:


triger otp-2

Masukkan kode kamu
di sini:


triger otp-3

Kode yang kamu masukkan salah.

Yuk cek lagi!