Wajib Coba! Perawatan Kulit Berjerawat Ampuh dan Alami

Wajib Coba! Perawatan Kulit Berjerawat Ampuh dan Alami

Walau jerawat hal yang lumrah dialami, namun memiliki kulit berjerawat tentu sangat mengganggu penampilan. Salah satu faktor penyebab jerawat di wajah yaitu hormon, perubahan hormon baik meningkat atau pun menurun bisa menyebabkan jerawat muncul di permukaan kulit. Maka tak heran, kebanyakan remaja memiliki kulit berjerawat. Perubahan pada hormon ini bisa dialami juga di beberapa minggu sebelum menstruasi atau saat menggunakan obat-obatan tertentu yang menyebabkan gangguan hormon.
Pada dasarnya masalah kulit seperti jerawat memerlukan perawatan khusus yang harus dilakukan secara rutin dan berulang-ulang. Mungkin kamu juga pernah mencoba facial di klinik kecantikan yang bisa membantu jerawat hilang lebih cepat. Namun sebenarnya, hal terpenting dalam mengatasi jerawat hingga kulit kembali mulus adalah perawatan kulit berjerawat sehari-hari yang tidak boleh dilewatkan. Seperti apa perawatan kulit berjerawat tersebut? Anda bisa melakukannya setiap hari dengan beberapa cara di bawah ini.
1. Membersihkan
Bersihkan wajah dua kali sehari sangat dianjurkan untuk menyapu bersih banyaknya kotoran, minyak dan bakteri yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Waktu terbaik melakukan perawatan kulit berjerawat ini adalah pagi dan malam hari sebelum tidur. Ingat, cukup bersihkan wajah dua kali sehari dan jangan lebih dari itu. Sebab, terlalu sering membersihkan wajah malah akan membuat kulit kering, yang memicu produksi minyak lebih banyak --sehingga jerawat tumbuh lebih banyak-- dan kulit teriritasi.

2. Pengelupasan
Kulit yang berjerawat biasanya lebih sensitif sehingga membuat beberapa orang takut melakukan pengelupasan kulit atau eksfoliasi. Tapi, pengelupasan sebenarnya penting untuk semua kondisi kulit, karena berfungsi menyingkirkan sel kulit mati dan menghaluskan tekstur kulit. Hanya saja khusus untuk kulit berjerawat, kamu harus lebih berhati-hati saat melakukan perawatan kulit berjerawat dengan teknik eksfoliasi tersebut.

Proses pengelupasan untuk kulit berjerawat bisa dilakukan dengan menggosoknya perlahan menggunakan handuk hangat. Anda juga bisa memakai sabun wajah dengan butiran scrub halus sebagai alternatif eksfoliasi ringan. Beberapa produk scrub juga ada yang diformulasi khusus untuk merawat kulit berjerawat. Lakukan pengelupasan kulit satu atau dua kali seminggu.

3. Pengobatan
Perawatan kulit berjerawat selanjutnya adalah dengan produk-produk yang mengandung bahan khusus untuk menyembuhkan jerawat. Pilih krim, pembersih, pelembap atau salep yang mengandung benzoil peroxyde, salicylic acid atau retin-A. Frekuensi pengobatan biasanya tergantung dari seberapa keras formula obat dan jenis kulit. Bisa saat pagi dan malam, atau hanya di malam hari.

Namun umumnya, penggunaan obat jerawat topikal dilakukan setiap kali usai membersihkan wajah. Dalam beberapa kasus jerawat yang sudah parah, biasanya dermatologis akan memberikan resep obat untuk diminum setiap hari.

4. Melembapkan
Kulit yang berjerawat cenderung berminyak, tapi jangan lupakan pelembap. Pilih pelembap bertekstur ringan dan bebas minyak, seperti gel atau lotion. Pastikan juga pelembap Anda mengandung tabir surya minimal 17 SPF, karena pengobatan jerawat bisa meningkatkan sensitivitas kulit pada paparan sinar matahari. Aplikasikan pelembap setelah pembersihan dan pengolesan obat jerawat.

5. Perawatan Dari Dalam
Agar lebih efektif, perawatan kulit berjerawat juga harus dilakukan dari dalam. Minum air minimal 8 gelas sehari akan membantu kulitmu terhidrasi dengan baik, sehingga terhindar dari kerusakan seperti jerawat. Selain itu, sempurnakan pula perawatan kulit berjerawat dari dalam dengan minum Natur-E. Selain mampu mencegah munculnya jerawat, Natur-E dengan kandungan vitamin E alaminya juga berkhasiat menghilangkan bekas jerawat yang kerap menggangu penampilanmu.

Mudah dan sederhana, perawatan kulit berjerawat di atas tentu bisa Anda lakukan kapan saja asalkan rutin agar hasilnya pun didapat secara maksimal. Selamat mencoba!
 

Baca juga :
triger otp-1

Kode akan dikirim ke nomor berikut:


triger otp-2

Masukkan kode kamu
di sini:


triger otp-3

Kode yang kamu masukkan salah.

Yuk cek lagi!