Seberapa Penting Skin Barrier Untuk Kulitmu?

Seberapa Penting Skin Barrier Untuk Kulitmu?

Jawaban singkatnya, sangat penting!

Kenapa? Nah mari kita bahas secara singkat.

Kulit yang menutupi tubuh kita terdiri dari beberapa lapisan, yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis. Skin barrier sendiri ada di lapisan paling atas bagian epidermis yang menjadikan skin barrier sebagai benteng pertahanan terdepan dalam melindungi kulit.

Karena jadi lapisan terluar dan perlindungan terdepan pada tubuh kita, skin barrier juga rawan mengalami kerusakan. Ketika skin barrier mengalami kerusakan, berbagai masalah kulit dapat bermunculan.

Beberapa hal berikut ini dapat menyebabkan kerusakan pada skin barrier.

Lingkungan yang terlalu kering

Ketika udara punya kelembapan yang rendah dan juga udara panas, secara tidak langsung kelembapan pada lapisan kulitmu juga ikut terangkat sedikit demi sedikit. Dengan berkurangnya kelembapan pada kulit, skin barrier akan rusak dan kulit berpotensi mengalami berbagai masalah seperti iritasi dan peradangan.

Terpapar sinar UV dan juga polusi secara berlebih

Radiasi sinar UVA dan UVB sama-sama dapat merusak lapisan skin barrier jika kita terpapar tanpa perlindungan yang cukup. Polusi sebagai radikal bebas juga dapat memperparah kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Ini disebabkan karena sinar UV bisa langsung menembus lapisan teratas dari kulit.

Proses penuaan

Singkatnya, proses penuaan dapat membuat proses produksi minyak alami pada kulit berkurang. Selain itu, lapisan dermis kulit juga semakin tipis seiring bertambahnya usia sehingga skin barrier juga jadi semakin rentan mengalami kerusakan. 

Over-eksfoliasi dan mencuci muka

Jangan salah Naturian, melakukan proses eksfoliasi pada kulit wajah sangat bagus untuk membuang kotoran serta sel kulit mati yang menumpuk. Begitupun dengan mencuci wajah yang dapat membunuh berbagai bakteri serta kotoran yang hinggap.

Namun melakukannya secara berlebihan dapat menyebabkan kulit kehilangan lapisan minyak alaminya. 

Gaya hidup dan kebiasaan yang tidak sehat

Ternyata gaya hidup juga dapat berpengaruh pada kondisi kulit kita, Naturian. Di antaranya adalah asupan nutrisi yang kurang tidak seimbang dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol juga dapat memberikan efek negatif terhadap kulit karena kandungan yang ada di dalamnya.

Stress berlebihan

Ketika mengalami stress berlebih, tubuh cenderung memproduksi lebih banyak hormon kortisol. Dengan begitu kulit juga akan memproduksi minyak secara berlebih yang akan menyebabkan berbagai masalah kulit lain, seperti kulit kusam dan berjerawat.

Lalu bagaimana cara kita menjaga kondisi skin barrier? Ada beberapa langkah yang dapat kamu tempuh, Naturian.

Gunakan produk perawatan yang mengandung ceramide acid

Sejatinya ceramide memang diproduksi secara alami oleh tubuh. Namun dalam keadaan tertentu, kita perlu menggunakan produk perawatan yang mengandung ceramide seperti Natur-E Ceraglow Skin Barrier Calming Serum agar kondisi skin barrier kita terjaga dengan baik. 

Pakai skin care dengan kandungan minyak tumbuhan yang alami

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak alami yang diekstrak dari bunga matahari seperti yang terkandung pada Natur-E Ceraglow Skin Barrier Calming Serum dapat memperkuat skin barrier. Minyak bunga matahari (sunflower oil) diketahui punya sifat yang antiperadangan, antibakteri, dan juga antioksidan yang dapat menjaga kondisi kulit tetap sehat.

Jalani pola hidup sehat dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kulit

Merawat kulit memang tidak bisa hanya dilakukan dari luar. Salah satu kunci kondisi kulit tampak cerah dan sehat alami adalah asupan nutrisi yang baik dan juga seimbang. Menghindari konsumsi alkohol dan kebiasaan merokok juga dapat menghindarkan kulit kita dari paparan berbagai kimia dan zat yang berbahaya.

Selain itu, menghindari kebiasaan yang dapat merusak permukaan kulit seperti menggaruk terlalu keras atau melakukan over-eksfoliasi dapat menjaga kondisi permukaan kulitmu tetap sehat.

 

Baca juga :
triger otp-1

Kode akan dikirim ke nomor berikut:


triger otp-2

Masukkan kode kamu
di sini:


triger otp-3

Kode yang kamu masukkan salah.

Yuk cek lagi!