Cara Mengatasi Kulit Kering pada Kaki Sebagai Wujud Sederhana Apresiasi Diri

"Duh, cantik banget sih!" Semudah itu memberikan apresiasi pada orang lain, tapi bagaimana dengan menghargai kecantikan diri sendiri? 

Tak sedikit yang kesulitan melakukannya, apalagi saat menemukan kulit kering bersisik pada kaki. Menurut situs Healthline, kulit menjadi kering saat kurangnya minyak alami yang membantu menyimpan kadar air di lapisan atas kulit. Penyebabnya pun beragam, lho.

1. Alergi

Pemilik kulit sensitif sering mengalami alergi yang memicu kulit kering dan gatal. Penyebabnya adalah sentuhan dengan zat yang memicu reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh.

2. Perubahan cuaca

Memasuki masa pancaroba, salah satu perubahan yang terasa adalah kulit kering. Ternyata, kondisi kulitmu ini dipicu oleh kelembapan udara yang lebih rendah saat cuaca dingin.

3. Usia

Seiring bertambahnya usia, kulit menghasilkan lebih sedikit minyak, sehingga lebih mudah menjadi kering, termasuk kulit kaki.

4. Gangguan kesehatan kulit

Selain usia, kulit kering juga dapat dipicu oleh masalah kesehatan kulit, seperti eksim yang sering muncul di kaki. Begitu juga psoriasis, kondisi autoimun yang memicu penumpukan sel kulit dan tampak seperti kulit bersisik yang gatal.

Berikan apresiasi maksimal pada diri sendiri, salah satunya lewat cara mengatasi kulit kering. Mulai dari:

1. Bersihkan kaki dengan sabun bebas busa

Mampu membersihkan kulit dari kotoran, sayangnya tak sedikit sabun yang dapat mengeringkan kulit kaki. Sebaiknya, hindari kandungan yang dapat menghilangkan kelembapan dari kulit dan batasi frekuensi mandi dengan air panas.

2. Hindari pemicu alergi

Kulit kering bisa terjadi akibat reaksi alergi saat bersentuhan dengan zat tertentu. Sebisa mungkin hindari hal-hal yang menjadi pencetus alergi, seperti sabun atau produk pembersih rumah tangga, bulu binatang, hingga debu.

3. Lakukan eksfoliasi kulit mati

Belum memasukkan langkah eksfoliasi dalam rutinitas perawatan kulit? Mulai dari sekarang karena manfaatnya yang memabntu meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan sel-sel kulit mati, hingga merangsang produksi kolagen. Bisa bikin kulit terasa lebih lembut dan glowing, lakukan sebelum mandi baik dengan menggunakan scrub atau metode dry-brushing.

4. Segera gunakan body lotion setelah mandi

Rutin mandi dapat menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit, tapi juga kelembapan alaminya. Kembalikan dengan mengoleskan body lotion untuk kulit kering segera setelah mandi untuk menjaga kulit tetap lembap dan halus. Ulangi kembali penggunaannya di malam hari sebelum tidur, untuk mempertahankan kelembapannya sepanjang tidur.

5. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Terpapar sinar matahari yang terik dalam waktu yang cukup lama dan berulang-ulang bikin kulit mengalami banyak perubahan. Mulai dari sunburn, warna kulit yang tidak merata, kusam, hingga kering. 

Menjauhi sinar matahari jadi cara terbaik untuk melindungi kulit, tapi jika harus beraktivitas di luar ruangan selalu oleskan tabir surya setiap pagi. Jangan lupa gunakan pakaian berlengan panjang untuk membantu mencegah efek buruk sinar matahari. 

Soal memilih skincare, percayakan pada Natur-E untuk kulit kering yang mengandung formula alami seperti Natur-E Pink Revitalizing Hand & Body Lotion. Mengandung e-beads berisi vitamin E alami, yang jaga kulit lembap hingga 8 jam tanpa meninggalkan efek lengket. Dikombinasikan dengan ekstrak Pink Pomelo yang wanginya menenangkan dan mencerahkan kulit yang ekstra kering.

Jangan lupa, #RawatLebihBaik dengan nutrisi kulit tepat dari Natur-E Orange Soft Capsule dengan kandungan vitamin E alami 300 IU, efektif melembapkan kulit yang ekstra kering, sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh agar bisa Stay Active Stay Beautiful.

Baca juga :
triger otp-1

Kode akan dikirim ke nomor berikut:


triger otp-2

Masukkan kode kamu
di sini:


triger otp-3

Kode yang kamu masukkan salah.

Yuk cek lagi!