Dianggap Pahlawan, Nyatanya Bahan Rumahan Ini Bikin Jerawat Kian Parah

Dianggap Pahlawan, Nyatanya Bahan Rumahan Ini Bikin Jerawat Kian Parah

Pernah mendengar berbagai saran untuk menghilangkan jerawat yang membandel? Dari pasta gigi hingga madu, ternyata tidak semua mampu mengatasi masalah kulit, bahkan malah membuatnya kian parah. Apa saja, sih?

1. Pasta Gigi

Banyak yang percaya pada khasiat pasta gigi yang digadang-gadang mampu mengempeskan jerawat dalam semalam. Walau mungkin ada beberapa bahan yang dapat membantu mengecilkan bintik memerah, tapi pengobatan rumahan ini nggak sebanding dengan risikonya. Hanya mengeringkan jerawat untuk sementara, tapi efek jangka panjangnya bikin kulit kemerahan dan bersisik. 

Selain itu, penggunaan pasta gigi berfluoride pada kulit juga dapat memicu dermatitis perioral. Ruam pada kulit ini tampak seperti benjolan kecil berwarna merah, berisi nanah yang bermunculan di sekitar mulut. 

2. Jeruk Lemon

Ada banyak video yang viral menyebutkan kemampuan jeruk lemon untuk memudarkan bekas jerawat hingga mencerahkan kulit. Beberapa orang menggunakan perasan jeruk dan mengoleskannya langsung ke kulit. 

Mengandung 5% asam sitrat yang diklaim sebagai zat antibakteri dan eksfoliasi, kandungannya yang sangat asam berisiko mengiritasi kulit kering dan sensitif. Tanpa memberikan hasil yang signifikan, sari jeruk lemon yang terpapar sinar matahari justru dapat memicu ruam kulit dan berujung perubahan warna pada kulit.

3. Cuka Apel

Banyak yang menggunakan produk fermentasi sari apel ini untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Mulai dari toner alami untuk kulit berminyak, membantu menyeimbangkan pH kulit, hingga membasmi bakteri penyebab jerawat. 

Mengandung asam asetat dan asam malat yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati, nyatanya cuka apel nggak mampu menghilangkan jerawat. Justru timbul masalah kulit lainnya seperti mengiritasi kulit hingga kemerahan, meninggalkan residu lengket, hingga iritasi apalagi jika menggunakannya tanpa diencerkan terlebih dahulu.

4. Baking Soda

Banyak digunakan untuk perawatan rumah dalam mengeksfoliasi kulit, tak sedikit yang memanfaatkannya sebagai obat jerawat. Digadang-gadang mampu mengeringkan jerawat dengan cepat, nyatanya soda kue bisa bikin kulit kering dan iritasi. 

Punya pH 9 sementara pH alami kulit hanya 5,5, bahan alami ini dapat menghilangkan kelembapan alami kulit. Apalagi pada kulit berminyak atau kulit kombinasi, produksi sebum akan semakin banyak dan memicu lebih banyak jerawat dan kulit kusam.

5. Campuran Madu-Kayumanis

Terdengar enak, madu dan kayumanis dikenal sebagai antibakteri yang digadang-gadang mampu mengatasi jerawat. Sayangnya, kombinasi dua bahan alami ini bukan obat bagi jerawat tapi lebih bermanfaat untuk merawat kulit kering atau mengatasi luka. 

Jangan coba-coba, sebaiknya #MulaiDari100 untuk perawatan kulitmu dari luar dan dalam untuk mengatasi bekas jerawat. Mulai dari rutin menggunakan Natur-E Hijau Face Cream, pelembap yang efektif rawat kulit remaja, agar tetap sehat dan cantik kini dan nanti. 

Di dalamnya terdapat e-beads berisi vitamin E yang berfungsi untuk melembapkan kulitmu. Diperkaya minyak biji buah delima, yang membuat kulit lebih halus dan lembut. Ditambah lagi dengan kandungan tabir surya berisi untuk membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari sehingga membuat kulit wajahmu lebih sehat.

Jangan hanya fokus pada kulit wajah, rawat juga kulit tangan dan tubuh lainnya yang sering terpapar sinar matahari dan radikal bebas. Vitamin E alami berbentuk e-beads dalam Natur-E Hijau Hand & Body Lotion jaga kulit lembap seharian. Selain itu, kandungan tabir surya yang terkandung di dalamnya akan melindungi kulit dari paparan efek buruk sinar matahari. Cukup dengan mengaplikasikannya setelah mandi atau minimal 20 menit sebelum mulai beraktivitas di pagi hari.

Selain rutin menggunakan produk skincare sejak remaja, pastikan nutrisi yang cukup berasal dari sumber antioksidan seperti buah dan sayur, serta lengkapi dengan Natur-E Hijau 100 Soft Capsule. Cukup satu Natur-E 100IU setiap hari, kandungan alami vitamin E dari biji bunga matahari dan biji gandumnya aman dikonsumsi sehari-hari dan bisa bantu menyehatkan kulit, sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh. 

Meskipun masih level pemula, percayakan perawatan kulit berjerawat pada skincare yang sudah teruji keampuhannya. Pilih produk dengan mulai dari yang alami, mulai dari yang aman, #Mulaidari100 dengan rangkaian produk dari Natur-E Hijau.

Baca juga :
triger otp-1

Kode akan dikirim ke nomor berikut:


triger otp-2

Masukkan kode kamu
di sini:


triger otp-3

Kode yang kamu masukkan salah.

Yuk cek lagi!