Vitamin E Bisa Bikin Jerawatan, Mitos atau Fakta?

Pengen sehat dengan mengonsumsi vitamin E tapi tak sedikit yang takut jerawatan. Secara, ada banyak keluhan yang mengaitkan antara konsumsi vitamin E dan jerawat yang timbul pada wajah. Itu mitos atau fakta?

Konsumsi vitamin E sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Jangan sampai melebihi batas dosis maksimal 400IU vitamin E per hari, seperti yang ditetapkan oleh BPOM untuk menghindari risiko seperti diare, sakit kepala, mual, dan gangguan pengelihatan.

Sedangkan terkait dengan jerawat, beberapa orang merasa jerawat makin bertambah setelah konsumsi vitamin E. Padahal, faktanya jerawat yang timbul sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya:

1. Tingginya stress

Meskipun tidak langsung menyebabkan jerawat, stres dapat mempengaruhi proses penyembuhannya. Akibatnya, jerawat bertahan lebih lama, bahkan makin parah seiring dengan tingkat stres.

2. Genetis

Sayangnya, jerawat juga dipengaruhi oleh faktor genetis. Jika kedua orangtua bermasalah dengan jerawat yang parah, kemungkinan besar akan mewariskan masalah kulit ini.

3. Hormonal

Fluktuasi hormon terutama pada perempuan sering jadi penyebab munculnya jerawat. Mulai dari masa pubertas, siklus menstruasi, hingga menopause.

4. Minyak berlebih pada kulit

Sebum atau minyak diproduksi untuk membantu menjaga kulit tetap lembap. Sayangnya kadar yang berlebihan bikin pori-pori kulit jadi tersumbat dan memicu jerawat.

5. Kesalahan menggunakan skincare

Produk perawatan kulit maupun skincare yang kurang tepat justru dapat menyebabkan jerawat. Mulai dari memicu produksi minyak berlebih, hingga mengandung bahan yang menyumbat pori-pori.

6. Bakteri penyebab jerawat

Selain sebum, pori-pori kulit juga rentan tersumbat oleh bakteri penyebab jerawat. Salah satunya Propionibacterium acnes, yang mempengaruhi frekuensi dan keparahan jerawat.

Nah, untuk membantu mengurangi jerawat, ada beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan, antara lain:

1. Bersihkan wajah sebelum tidur

Riasan yang dipakai sepanjang hari berisiko menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Pastikan untuk menghilangkan sisa makeup dengan pembersih berfomula lembut, terutama sebelum tidur untuk menjaga kulit tetap bersih dan sehat.

2. Hindari kosmetik tebal

Saatnya menjajal tren ‘no makeup’ makeup yang lagi booming tahun ini. Selain menonjolkan kecantikan alami kulit, riasan juga lebih bersahabat dengan kulit yang rentan berjerawat, lho.

3. Pintar memilih skincare

Memahami jenis kulit wajah bisa membantumu menentukan produk skincare yang tepat. Jika memiliki kulit yang cenderung berminyak dan rentan berjerawat, pilih produk dengan label non-comedogenic atau oil-free.

4. Gunakan tabir surya

Paparan sinar matahari bisa memicu kulit dehidrasi, yang dapat menyebabkan produksi sebum meningkat dan menyumbat pori-pori. Bantu lindungi kulit dengan menggunakan tabir surya dan pilih yang berlabel non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori.

5. Hindari menyentuh dan memencet jerawat

Begitu melihat jerawat yang sudah ‘matang’, tak sedikit yang tergoda untuk menekannya. Stop menyentuh dan memencet jerawat, yang berisiko bikin jerawat meradang hingga menimbulkan bekas luka.

6. Pola hidup sehat

Konsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak, kurang tidur, hingga rentan stress bukan hanya berdampak buat kesehatan. Kulit pun mengalami perubahan, termasuk kusam dan mudah berjerawat. Perbaiki kebiasaan menuju pola hidup yang lebih sehat dan kulit lebih sehat.

7. Konsumsi produk vitamin E yang tepat

Hanya mitos, konsumsi vitamin E dengan cara dan dosis yang tepat justru dapat membantu merawat kulit, termasuk mencegah dan mengatasi jerawat. Menurut situs Healthline, vitamin E sebagai anti-inflamasi dapat membantu regenerasi sel dan mencegah jerawat yang meradang.

Mulailah dengan menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin E alami. Aplikasikan pelembap yang dapat mengurangi minyak berlebih, seperti Natur-E Hijau Face Cream. Varian Natur-E untuk jerawat ini juga mengandung vitamin E alami dalam bentuk e-beads. Selain melembapkan kulit seharian, juga jadi tabir surya alami.

Jangan lupa, dukung dengan nutrisi tepat dari Natur-E Hijau Soft Capsule. Mengandung 100IU vitamin E alami yang rawat kulit dari dalam, cara minum Natur-E untuk jerawat ini cukup 1-3 kali sehari sesudah makan. Saatnya bebas gangguan jerawat, dengan Natur-E Hijau #MyPerfectSkinStart

Baca juga :
triger otp-1

Kode akan dikirim ke nomor berikut:


triger otp-2

Masukkan kode kamu
di sini:


triger otp-3

Kode yang kamu masukkan salah.

Yuk cek lagi!