Tips Perawatan untuk Remaja, Makin Pede dengan Kulit Bebas Berminyak

Tak mudah untuk menjadi sosok yang menginspirasi orang lain. Butuh kepercayaan diri yang tinggi, salah satunya ditunjang oleh penampilan yang bebas dari kulit berminyak.

Memiliki jenis kulit yang berminyak terkadang bisa bikin penampilan jadi kurang paripurna. Mulai dari riasan yang mudah luntur, rentan kusam, dan memicu timbulnya jerawat. Sayangnya, jenis kulit ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor:

1. Genetik

Kulit berminyak biasanya dipengaruhi oleh produksi sebum yang berlebihan. Biasanya, semakin besar pori-pori, semakin banyak sebum yang dikeluarkan. Ukuran pori-pori ini dapat bervariasi, dipengaruhi oleh faktor genetik dan etnis.

2. Lingkungan

Kelembaban dapat menyebabkan peningkatan keringat dan produksi minyak. Oleh karena itu, kita yang tinggal di iklim lembab dan cuaca yang panas cenderung memiliki kulit berminyak.

3. Usia

Selain dipengaruhi genetik, kulit berminyak cenderung terjadi saat remaja. Hal ini dikaitkan dengan hormon yang memicu produksi sebum dan munculnya jerawat.

4. Perubahan hormon

Perubahan hormon dapat mempengaruhi produksi sebum di kulit. Mulai dari peningkatan hormon androgen di masa remaja hingga sepanjang siklus menstruasi pada wanita

5. Gaya hidup

Terlalu sering menikmati makanan yang tinggi gula, karbohidrat, dan gorengan sering disebut sebagai salah satu faktor pemicu kulit makin berminyak. Selain itu, gaya hidup yang sering diwarnai stres, menurut situs verywellhealth, dapat meningkatkan produksi sebum dan bikin kulit makin berminyak.

Untungnya, ada beberapa kebiasaan yang dapat mencegah kulit jadi semakin berminyak:

1. Stop menggosok kulit terlalu keras saat mencuci muka

Mencuci wajah jadi langkah pertama dalam skincare routines remaja. Tapi menggosok kulit terlalu keras justru bikin kulit kehilangan kelembapan alaminya dan memicu lebih banyak produksi sebum. Situs Healthline merekomendasikan untuk membersihkan kulit wajah menggunakan sabun berformula lembut dan pijat perlahan menggunakan ujung jari tangan selama 1-2menit.

2. Memakai produk berlabel oil-free

Kulit berminyak bisa disebabkan oleh penggunaan makeup atau produk skincare untuk remaja, yang kurang tepat untuk jenis kulitmu. Bikin kulit wajah jadi kering, akibatnya kelenjar sebum akan mengeluarkan lebih banyak minyak. Ingin tampil cantik dengan kulit bebas kilap, pilih produk yang mengusung label oil-free yang formulanya ringan dan tidak menyumbat pori-pori kulit.

3. Rutin mengaplikasikan pelembap

Sering skip pakai pelembap karena bikin kulit makin berminyak? Ternyata itu hanya mitos. Tanpa pelembap, semua jenis kulit akan kering. Daripada melewatkan penggunaan salah satu step skincare remaja ini, pilih pelembap yang tepat untuk kulit berminyak.

Saatnya rawat lebih baik kulitmu sejak dini dengan selalu pakai Natur-E Hijau Face Cream sebelum beraktivitas di pagi hari. Kandungan Minyak Biji Delima dan Vitamin E alami dalam bentuk e-beads efektif melindungi kulit seharian, agar masalah kusam dan jerawat yang dipicu kulit berminyak bisa segera diatasi.

4. Batasi konsumsi junk food

Lezat, praktis, dan mengenyangkan bikin junk food sering jadi pilihan di setiap jam makan. Sesekali memesannya boleh-boleh saja, tapi pola makan yang didominasi gula dan karbohidrat bisa memberikan efek buruk buat kesehatan dan kecantikan kulitmu. 

Batasi konsumsi junk food dan miliki pola makan dengan nutrisi sehat dan seimbang. Selain buah dan sayuran, konsumsi Natur-E Hijau Soft Capsule 1-3 kali dalam sehari.  Mengandung VItamin E 100 IU, rutin minum Natur-E untuk jerawat hilang dan bantu menyehatkan kulit dari dalam. 

Optimalkan perawatan dari luar dan dalam, kini saatnya #Mulaidari100 merawat kulit agar terhindar dari kusam, minyak berlebih dan jerawat.

Baca juga :
triger otp-1

Kode akan dikirim ke nomor berikut:


triger otp-2

Masukkan kode kamu
di sini:


triger otp-3

Kode yang kamu masukkan salah.

Yuk cek lagi!