Malas Hangout Gara-Gara Jerawat Meradang di Pipi? Ini Solusinya

Kebayang serunya berkumpul kembali bersama sahabat, setelah berjibaku dengan agenda mingguan yang padat. Beragam aktivitas seru menanti, mulai dari nobar atau mabar, hingga cafe hopping yang lagi hits dengan spot selfie kece.

Sayangnya, kulit wajah sedang susah diajak kompromi. Mendadak muncul jerawat radang di pipi. Selain memicu kemerahan di kulit, juga tampak bengkak bahkan terkadang terasa nyeri dan gatal. Jenis jerawat ini bisa disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari, seperti:

1. Jarang ganti sarung bantal

Cukup tidur menjadi faktor penting dalam menjaga kulit tetap sehat. Tapi menggunakan sarung bantal dan seprai yang jarang diganti justru menjadi salah satu pemicu jerawat gatal. Pasalnya, kotoran, sel kulit mati, dan bakteri dapat menempel ke pipi dan menyumbat pori-pori kulit.

2. Sering menyentuh pipi

Tangan kita sering menyentuh berbagai benda dan permukaan. Menurut Annie Gnzales, MD pada situs Byrdie, semakin banyak menyentuh wajah maka semakin banyak kotoran, bakteri, minyak, dan sel kulit mati bersentuhan dengan kulit dan menyebabkan jerawat.

3. Perubahan hormon

Jerawat yang mendekati area rahang sering disebabkan oleh perubahan hormon. Menurut situs Healthline, kelebihan hormon androgen akan merangsang kelenjar minyak dan menyumbat pori-pori secara berlebihan. Kondisi ini bisa terjadi selama siklus menstruasi, bisa juga dipengaruhi konsumsi tinggi karbohidrat, gula, maupun susu.

4. Alat makeup yang kotor

Hampir sama dengan sarung bantal, alat makeup yang sering digunakan bisa jadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Apalagi yang jarang dibersihkan, spons, kuas, hingga beauty blender dapat memindahkan bakteri ke kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Untungnyajerawat meradang di pipi ini bisa diatasi dengan perawatan kulit yang tepat seperti berikut ini.

1. Stop memencet jerawat

Gemas rasanya melihat jerawat yang membesar dan tampak merah. Tapi stop memencet jerawatnya karena justru dapat meningkatkan risiko infeksi, luka membekas, dan penyebaran jerawat.

Jika ingin mengurangi rasa sakit dan pembengkakannya, coba kompres area berjerawat dengan es batu yang dibungkus dengan kain. Lakukan 5-10 menit, lalu ulangi beberapa kali dengan jeda 10 menit hingga kemerahannya mereda.

2. Rutin membersihkan wajah

Kabar baiknya, jenis jerawat di pipi bisa diatasi dengan rutinitas perawatan kulit. Awali dengan mencuci wajah pada pagi dan malam hari dengan pembersih yang ringan dan lembut. Gunakan air hangat untuk membasih kulit wajah dan hindari menggosok kulit terlalu kuat agar terhindar dari risiko perih dan iritasi. 

3. Aplikasikan pelembap yang dapat mengurangi minyak berlebih

Pembersih wajah bisa menghilangkan minyak alami dari kulit. Jika dibiarkan, hal ini dapat memicu kelenjar sebaceous untuk menghasilkan lebih banyak sebum. Dapat menyumbat pori-pori kulit, kondisi ini dapat menyebabkan lebih banyak jerawat.

Pilih pelembap bebas minyak yang dapat membantu mengontrol minyak berlebih seperti Natur-E Hijau Face Cream. Selain mengandung minyak biji delima, varian Natur-E untuk jerawat ini juga mengandung vitamin E alami dalam bentuk e-beads. Selain melembapkan kulit seharian dan mengurangi jerawat, juga jadi tabir surya alami yang melindungi kulit dari efek buruk UVA dan UVB.

Jangan lupa, dukung dengan nutrisi tepat dari Natur-E Hijau Soft Capsule. Mengandung vitamin E alami 100Iu yang rawat kulit dari dalam, cara minum Natur-E untuk jerawat ini cukup 1-3 kali sehari sesudah makan. Rutin konsumsi untuk bantu menyehatkan kulit agar terhindar dari masalah minyak berlebih, munculnya jerawat, dan juga bekasnya. Saatnya bebas gangguan jerawat, bareng Natur-E Hijau! #MyPerfectSkinStart

Baca juga :
triger otp-1

Kode akan dikirim ke nomor berikut:


triger otp-2

Masukkan kode kamu
di sini:


triger otp-3

Kode yang kamu masukkan salah.

Yuk cek lagi!