Kenali Ciri Kulit Dehidrasi dan Trik Mengatasinya

Kulit Dehidrasi adalah kondisi kulit yang bersifat sementara dan mudah diobati daripada kulit kering. Terjadi karena kekurangan air, bukan minyak. Kondisi kulit ini terjadi sebagai akibat dari unsur-unsur eksternal, seperti cuaca atau penggunaan sabun yang keras dan tidak cocok terhadap kulit. Kulit dehidrasi tidak hanya terjadi pada kulit kering tetapi kulit berminyak sekalipun bisa mengalami dehidrasi. Hal ini menandakan bahwa aktivitas kelenjar minyak atau sebaceous masih normal atau bahkan terlalu aktif pada kulit dehidrasi. Kulit dehidrasi terjadi karena menurunnya cairan tubuh. Semua proses seluler yang terjadi dalam tubuh kita bergantung pada air. Kulit dehidrasi sering kali mengalami iritasi, gatal, sensitif, permukaan kasar, kemerahan yang parah, kulit retak dan kadang-kadang berdarah. 

Kulit dehidrasi merupakan suatu kondisi kulit yang kekurangan cairan, atau memiliki kelembapan yang rendah. Kulit sebenarnya dapat memproduksi minyak alami yang cukup, bahkan terkadang berlebih. Namun, terdapat faktor dari luar yang menyebabkan berkurangnya kelembapan kulit. Keadaan kulit tersebut dapat disebabkan oleh karena terlalu sering berenang, sauna, terkena sinar matahari langsung, terkena udara yang terlalu dingin dan kering, terlalu banyak minum alkohol dan merokok, mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu, serta menggunakan produk pembersih wajah dan perawatan wajah yang meluruhkan minyak alami dan mengiritasi kulit. 

Tahukah Anda? Sebanyak 30% dari kulit adalah air. Air yang terkandung di dalam kulit tersebut berkontribusi untuk menjaga kelembapan dan kekenyalannya. Orang yang tidak memenuhi kebutuhan air tubuhnya atau kurang mengkonsumsi air putih rentan untuk mengalami kulit yang dehidrasi. Penuaan juga dapat menyebabkan kulit dehidrasi. Disebabkan karena Natural Moisturizing Factor (NMF) yang berfungsi menjaga kelembapan kulit berkurang seiring bertambahnya usia. Orang yang berdiet ketat pun dapat mengalami dehidrasi pada kulit karena kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulitnya. Komponen penting untuk menjaga kelembapan kulit terdiri dari protein, kolagen, elastin, dan asam hialuronat.

Ciri – Ciri Kulit Dehidrasi:
- Terdapat garis-garis halus.
- Urat-urat halus alias pembuluh kapiler yang terlihat jelas.
- Kulit terasa ditarik.
- Menimbulkan kesan mengilap dengan kondisi permukaan kulit tidak berminyak.

Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi
Untuk mengatasi masalah kulit tersebut, kamu harus menghindari faktor-faktor penyebabnya terlebih dulu. Berhenti menggunakan pembersih muka yang membuat kulit kamu terasa kering dan tertarik. Kebiasaan ini bisa menghilangkan pelembap alami kulit di lapisan epidermis kulit, yaitu komponen asam amino + garam di sel kulit yang membantu kulit menahan air. Memenuhi asupan cairan penting untuk menghidrasi kulit dari dalam. Minum-minuman yang mengandung elektrolit untuk membantu tubuh menghasilkan NMF juga bisa jadi salah satu cara mengatasi kulit dehidrasi. Lengkapi juga dengan konsumsi buah-buahan kaya air dan antioksidan seperti semangka dan tomat yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, kulit khususnya. Dengan perawatan baik dari luar maupun dalam tubuh, kulit lembap bisa kamu dapatkan.

Konsumsilah air setiap hari sesuai dengan kebutuhan tubuh, yakni minimal 8 gelas per hari, dan juga mengonsumsi makanan dengan gizi yang lengkap dan seimbang. Gunakanlah krim pelembap wajah dengan dasar air untuk kulit dehidrasi. Jangan lupa untuk selalu memakai tabir surya pada pagi dan siang hari. Jika krim perawatan Anda menyebabkan kulit kering, gatal, dan kemerahan, segera hentikan penggunaan dan berkonsultasilah kepada dokter. Jangan sembarangan memilih atau menggunakan produk sabun pencuci wajah. Hindari sabun pencuci wajah yang dapat meluruhkan minyak alami pada kulit. Pilihlah sabun pencuci wajah yang mengandung pelembap, agar kelembapan kulit selalu terjaga. Banyak manfaat yang diberikan pelembap wajah. Beberapa di antaranya adalah mengatasi kulit dehidrasi dan menyegarkan wajah agar kulit cantik, sehat dan tampak awet muda. Pelembap wajah diperlukan oleh kulit untuk mempertahankan stuktur dan fungsi kulit dari berbagai faktor eksternal seperti udara kering, AC, sinar matahari dan angin.

Kulit Lebih Lembap Alami dengan Minum Natur-E 
Jika kamu berusia 18-25 tahun, pilih Natur-E Hijau Soft Capsule dan Natur-E Daily Face Cream serta Natur-E Hijau Hand & Body Lotion untuk menjaga kelembapan dan mempertahankan kesehatan kulit. Sedangkan untuk kamu perempuan berusia 25-35 tahun, gunakan Natur-E Orange Soft Capsule 300 sebagai perawatan kulit dari dalam (memberikan kelembapan ekstra). Sedangkan perawatan kulit dari luar, aplikasikan Natur-E 300 Hand & Body Lotion yang mampu meratakan warna kulit. Bagi kamu yang telah memasuki usia 35 tahun ke atas, asupan suplemen Natur-E Putih Advance Soft Capsule yang merupakan super antioksidan penting untuk mencegah kulit kering dan mencegah terjadinya tanda penuaan. Lengkapi dengan Natur-E Advanced Hand & Body Lotion yang merawat kulit dari luar. Dengan kebaikan dari vitamin E alami mengandung minyak biji bunga matahari, minyak kecambah dan minyak kacang kedelai untuk kulit, dan ucapkan bye pada kulit kering dan kusam!

Baca juga :
triger otp-1

Kode akan dikirim ke nomor berikut:


triger otp-2

Masukkan kode kamu
di sini:


triger otp-3

Kode yang kamu masukkan salah.

Yuk cek lagi!


Yuk, jadi orang pertama yang tau informasi terbaru seputar kulit cantik dan sehat
dengan mengaktifkan notifikasi dari natur-e.co.id


Tidak nanti saja