Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Merawat Wajah Berminyak!

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Merawat Wajah Berminyak!

Kamu memiliki wajah berminyak? Merawat kulit berminyak memang tak bisa sembarangan. Karakter jenis kulit ini biasanya adalah berpori-pori besar dengan produksi minyak yang berlebih, sehingga membuat wajah tampak mengkilap dan terasa mengganggu. Jika salah merawatnya sedikit, wajah malah akan semakin berminyak atau bahkan muncul jerawat.

Mungkin kamu merasa sudah merawat wajah dengan baik, namun setelah sekian lama kamu baru menyadari bahwa hal tersebut tak memberi efek apapun terhadap wajah berminyakmu. Nah, berarti bisa saja kamu melakukan salah satu kesalahan dalam merawat kulit berminyak di bawah ini!

Demikian 7 hal yang seharusnya kamu hindari saat merawat kulit berminyak. Selain itu, upaya pencegahan munculnya jerawat pada jenis kulit ini juga bisa kamu lakukan dengan minum suplemen Natur-E setiap hari. Kandungan alaminya yang berasal dari minyak kecambah, minyak biji bunga matahari, dan miyak kacang kedelai membuat kadar minyak menjadi lebiih seimbang, hingga jerawat pun enggan muncul dengan mudahnya. Dengan tahu cara terbaik merawatnya, wajahmu pun tak akan lagi menjadi ‘kilang minyak’ yang rentan berjerawat!

  1. Tidak Pernah Pakai Moisturizer

    Kesalahan dalam merawat kulit berminyak yang paling umum adalah tidak menggunakan pelembap wajah (moisturizer), karena takut wajah terlihat seperti ‘kilang minyak’. Padahal, pelembap wajah dibuat untuk memberi nutrisi ke kulit wajahmu. Selain itu, moisturizer juga berguna untuk menyeimbangkan kelembapan di wajah. Dengan kegunaannya tersebut, moisturizer tidak akan membuat wajah kamu semakin berminyak.

  2. Malas Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

    Aktivitas yang padat jangan sampai menjadi alasan kamu untuk tidak membersihkan wajah sepulang kerja, apalagi kalau setiap harinya kamu tak pernah lepas dari makeup. Produk makeup mengandung zat-zat yang bisa membuat kulit kamu menghasilkan minyak lebih banyak lagi, sekali pun produk tersebut sudah diformulasikan khusus untuk wajah berminyak. Minimal, biasakan untuk mencuci sebelum tidur dan bersihkan makeup dengan facial cleansing serta face toner. Dengan begitu kulitmu akan terjaga dan tetap sehat.

  3. Sering Mengonsumsi Makanan Berlemak

    Kesalahan dalam merawat kulit berminyak berikutnya adalah mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan. Makanan berlemak berpotensi membuat kulit berjerawat dan minyak di wajah pun semakin menjadi-jadi. Mulai dari sekarang, cobalah kurangi makanan berlemak dan perbanyak minum air putih agar perawatan wajah yang sering kamu lakukan tak sia-sia.

  4. Terlalu Banyak Menggunakan Pembersih

    Minyak kulit atau sebum memiliki peranan penting bagi kesehatan lapisan terluar kulit. Ia bertugas untuk menjaga hidrasi, lapisan pelindung, mengatur imunitas dan pH kulit. Overwashing atau overscrubbing dapat mengikis sebum pada wajah dan menyebabkan inflamasi, breakouts, atau mengganggu keseimbangan kulit. Gunakan sabun pencuci wajah untuk membersihkan minyak berlebih hanya dua kali dalam sehari.

  5. Makeup Terlalu Tebal

    Mengenakan makeup yang terlalu tebal namun tidak dibersihkan dengan teliti, hasilnya akan menyumbat pori-pori wajah. Selain membuat wajah berminyak, hal tersebut juga akan berujung pada munculnya jerawat. Maka dari itu, gunakan makeup tipis dan mengandung bahan niasinamida, vitamin B yang terbukti menyerap minyak. Jangan lupa, pastikan produk makeup yang kamu miliki tidak mengandung oil ya!

  6. Menggunakan Air Bersuhu Dingin

    Ketika hendak mencuci wajah, perhatikan suhu air yang kamu gunakan! Membilas wajah dengan air dingin justru akan memperparah keadaan. Pori-pori wajah memang akan menutup, namun elastisitas kulit akan berkurang. Hasilnya, kulit akan menghasilkan minyak yang berlebih untuk menjaga kelembapannya. Lebih baik, gunakan air hangat untuk mencuci wajah, karena suhu yang tepat membuat elastisitas wajah pun tetap terjaga.

  7. Mengabaikan Keringat Pada Wajah

    Terakhir, jangan abaikan keringat yang menempel pada wajahmu. Usahakan untuk selalu membersihkan keringat dengan tisu kering yang bersih. Pasalnya, keringat yang kamu biarkan menyerap dalam wajah dapat berubah menjadi minyak berlebih nantinya.

Baca juga :
triger otp-1

Kode akan dikirim ke nomor berikut:


triger otp-2

Masukkan kode kamu
di sini:


triger otp-3

Kode yang kamu masukkan salah.

Yuk cek lagi!