Bijak Memilih Produk Kosmetik Untuk Kulit Sensitif

Kulit sensitif merupakan salah satu masalah kulit yang sering menimbulkan dilema banyak perempuan.  Bagi pemilik kulit sensitif, memilih produk perawatan kulit dan kosmetik ternyata tidak mudah. Jika kurang selektif memilih produk untuk kulit sensitif,  bisa memicu reaksi cepat yang biasanya berupa bercak merah, gatal, kulit terasa ketat, dan terasa menyengat.

Jika dibiarkan dan tidak dirawat secara benar, kulit sensitif bisa tampak kasar, mengelupas, terasa gatal, lalu timbul iritasi kemerahan. Kondisi ini tentu terasa tidak nyaman dan merusak penampilan. Pada dasarnya kulit mudah teriritasi karena kelembapan alami yang kurang. Sayangnya kebanyakan perempuan tidak menyadari bahwa kadar kelembapan kulit akan semakin berkurang saat berinteraksi dengan lingkungan dan produk yang mampu menarik kelembapan alami kulit. Misalnya ruangan ber-AC, penghangat ruangan, bahan kimia pada perawatan kulit, hingga perubahan cuaca yang terlalu ekstrem.

Punya Kulit Sensitif? Perhatikan 5 Hal Ini Saat Memilih Produk

Karena mudah teriritasi, sebaiknya kamu segera ‘membekali’ kulit dengan produk untuk kulit sensitif yang tepat agar kulit tetap sehat. Cara merawat kulit sensitif juga perlu hati-hati agar terhindar dari iritasi. Yuk, cek kembali kebiasaan kamu dalam merawat kulit wajah dan memilih produk untuk kulit sensitif.

  1. Sabun dengan Formula Extra-Mild

    Selain tekstur yang super lembut, pastikan sabun yang kamu gunakan tidak mengandung bahan pemicu iritasi. Perhatikan tingkat pH seimbang (pH balanced) dan pastikan tidak mengandung bahan antibakteri, deodorantdetergen, alkohol, dan tanpa pewangi.

  2. Pembersih Wajah Tanpa Alkohol

    Alkohol mudah memicu iritasi karena sifatnya yang mampu menarik kelembapan alami kulit dan menjadikan kulit kering. Kondisi ini justru akan memicu produksi minyak berlebih dan efek sampingnya mampu membuat pori-pori terlihat lebih besar. Untuk kulit sensitif pilih pembersih wajah dengan tekstur extra-mild yang mengandung bahan lavender atau chamomile untuk menenangkan kulit.

  3. Butiran Lembut pada Face Scrub

    Meski kunci memilih produk untuk kulit sensitif adalah formula yang lembut, namun jenis kulit ini juga membutuhkan eksfoliasi untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Perawatan ini dilakukan agar produk perawatan kulit bisa meresap ke lapisan kulit terdalam. Khusus untuk pemilik kulit sensitif, pilih scrub lembut agar semakin sedikit risiko iritasi pada kulit.

  4. Kandungan Bahan Alami pada Pelembap

    Menjaga kadar kelembapan kulit adalah salah satu cara merawat kulit sensitif. Apalagi jika seharian aktivitas kamu banyak berada di ruangan ber-AC. PIlih pelembap dengan bahan alami yang kaya vitamin E dan antioksidan.

  5. Makeup Formula Ringan

    Begitu pula dengan makeup untuk kulit sensitif, kamu perlu lebih berhati-hati saat memilih agar tidak menimbulkan kemerahan dan gatal. Kamu bisa menggunakan formula berbahan mineral, pensil alis yang terbuat dari silikon untuk mengurangi iritasi, dan jauhi penggunaan kosmetik dengan formula anti-air (waterproof). Biasanya formula waterproof lebih kuat dan pekat, jadi sulit saat dihapus. Kondisi ini akan mendorong kamu untuk mengosok kulit lebih keras agar terhapus.

Penting diingat bahwa saat kulit sedang iritasi, bersihkan kulit dengan menggunakan air dingin dan perbanyak minum air putih. Selalu lindungi kulit dengan pelembap wajah setelahnya agar kelembapan kulit terjaga dan tidak memicu iritasi. Gunakan Natur-E Daily Nourishing Face Cream yang kaya akan vitamin E dalam bentuk butiran untuk melembapkan, minyak biji delima sebagai antioksidan, dan tabir surya untuk menangkal efek buruk sinar ultraviolet A dan B. Cara ini akan memulihkan kulit yang teriritasi lebih cepat.

Baca juga :
triger otp-1

Kode akan dikirim ke nomor berikut:


triger otp-2

Masukkan kode kamu
di sini:


triger otp-3

Kode yang kamu masukkan salah.

Yuk cek lagi!


Yuk, jadi orang pertama yang tau informasi terbaru seputar kulit cantik dan sehat
dengan mengaktifkan notifikasi dari natur-e.co.id


Tidak nanti saja