Mau Wajah Terlihat Matte? Ini Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Mau Wajah Terlihat Matte? Ini Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Wajah yang berminyak memang sering kali mengganggu penampilan. Biasanya minyak berlebih ini berada pada sekitar  T-zone yakni dahi, hidung, dan dagu. Kelebihan minyak pada wajah ini bisa juga mengakibatkan tumbuhnya komedo, jerawat, dan kulit terlihat lebih kusam. Karena pori-pori terbuka lebar, sehingga memudahkan debu dan kotoran masuk ke dalam pori-pori.

Apa Sebenarnya Yang Terjadi Ketika Kulit Berminyak?

Sejatinya minyak yang diproduksi oleh tubuh berguna untuk menjaga kondisi kulit tetap sehat dengan menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit menjadi kering. Pada kulit berminyak, kelenjar sebaceous terlalu aktif memproduksi minyak sehingga menghasilkan lebih banyak minyak dari yang dibutuhkan. Efeknya, kulit wajah menjadi mengkilap dan mudah berjerawat.

Diet, makanan tertentu, faktor keturunan, kelembapan udara, pil KB dan produk kosmetik merupakan pemicu seseorang memiliki jenis kulit berminyak. Perubahan hormonal selama masa remaja juga dapat menyebabkan kulit berminyak pada remaja. 

Begini Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Solusi tercepat yang biasanya dimiliki para perempuan dengan jenis kulit berminyak mereka adalah menggunakan face paper. Akan tetapi, apa cara mengatasi kulit berminyak harus selalu seperti itu? Cara mengatasi kulit berminyak ada banyak, bukan hanya dengan face paper yang sifatnya tidak permanen. Berikut cara mengatasi kulit berminyak yang bisa kamu lakukan agar wajah terus terlihat matte bebas kilap!

  1. Rajin Bersihkan Wajah

    Cara mengatasi kulit berminyak yang pertama sudah pasti rajin membersihkan wajah. Minyak yang dibiarkan menumpuk akan menyumbat pori-pori dan karenanya timbul lah jerawat. Untuk itu jangan lupa untuk selalu bersihkan wajah setiap kali selesai beraktivitas, dilanjutkan dengan perawatan skin care layering agar kulit terbebaskan dari ‘kilang minyak’.

  2. Pilih Kosmetik Khusus

    Kulit malah semakin berminyak ketika diaplikasikan makeup? Mungkin kamu salah memilih produk kosmetik. Contohnya, jangan pernah memakai foundation jenis dewy karena nantinya hanya akan membuat kulitmu terlihat semakin berminyak. Pilihlan matte foundation yang dijamin akan menjadikan kulitmu bebas kilap seharian.

  3. Hindari Makanan Berlemak

    Selain pemakaian produk kosmetik yang kurang tepat, ternyata pola makan juga ikut mempengaruhi minyak di wajah. Ada baiknya, coba juga cara mengatasi kulit berminyak dengan tidak mengonsumsi makanan berlemak. Makanan cepat saji seperti pizza, kentang goreng, dan burger tinggi akan kandungan lemak dan sodium. Sebagian besar makanan cepat saji yang dijual mengandung lemak terhidrogenasi (lemak trans) yang mempengaruhi sirkulasi darah sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat, jerawat di wajah lebih mudah muncul, dan kulit menjadi lebih berminyak.

  4. Perbanyak Minum Air Putih

    Banyak manfaat yang diberikan air putih untuk tubuh, salah satunya sebagai cara mengatasi kulit berminyak yang tak kalah ampuh. Mulai lah membiasakan diri untuk rutin minum air putih 8 gelas per hari. Air putihdalam tubuh berperan sangat baik dalam mengatur produksi minyak sehingga yang keluar nantinya tidak berlebihan.

  5. Jangan Stres

    Stres kerap kali diyakini sebagai sumber segala penyakit, termasuk kondisi wajah yang berminyak. Hal ini terbukti benar! Saat kamu stres, produksi hormon kortisol akan meningkat, sehingga kelenjar minyak pun akan menghasilkan minyak yang lebih banyak dari biasanya. Inilah yang membuat wajahmu pada akhirnya terlihat seperti ‘kilang minyak’.

Cara mengatasi kulit berminyak sesungguhnya tak kan begitu saja berhasil tanpa perawatan kulit yang dimaksimalkan dengan konsumsi vitamin E alami. Kamu bisa memilih Natur-E sebagai suplemen vitamin E dengan kandungan minyak kecambah, minyak biji bunga matahari, dan minyak kacang kedelai untuk memenuhi kebutuhan kulit agar 100% terhindar dari minyak berlebih di kemudian hari!

Baca juga :
triger otp-1

Kode akan dikirim ke nomor berikut:


triger otp-2

Masukkan kode kamu
di sini:


triger otp-3

Kode yang kamu masukkan salah.

Yuk cek lagi!