Bolehkah Minum Natur-e Saat Haid?

Bolehkah Minum Natur-e Saat Haid?

Haid atau menstruasi merupakan siklus hormonal yang lazim terjadi dan dialami oleh semua perempuan di setiap bulannya. Siklus yang terjadi ini terkadang terasa nyeri atau sakit di bagian perut, bahkan sakitnya hingga membuat orang tidak bisa melakukan aktivitas dengan normal. Berikut penjelasan yang biasa dialami dan sering dipertanyakan banyak orang terutama para perempuan dari apa saja perubahan fisik yang terjadi di saat menstruasi, penyebab nyeri pada perut, dan juga amankan bila mengonsumsi vitamin atau minuman suplemen saat menstruasi.

Perubahan Fisik yang Terjadi Saat Mensturasi
- Lemas dan lelah
- Sakit kepala
- Kenaikan berat badan
- Perut kembung dan mual
- Payudara yang membesar dan terasa nyeri
- Berkurangnya gairah seks
- Nyeri pada otot, sendi, punggung, serta perut bagian bawah
- Perubahan pada nafsu makan
- Diare atau konstipasi

Penyebab Nyeri Pada Perut
Apakah penyebab perut bisa terasa begitu nyeri di saat menstruasi? Sepanjang waktu, pada setiap perempuan mengalami kontraksi halus pada otot dinding rahim yang umumnya tidak terasa. Namun pada saat menstruasi, kontraksi ini menjadi semakin kencang sebagai bagian dari peluruhan dinding rahim saat haid. Kontraksi itulah yang menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Kosongnya atau ketiadaan oksigen inilah yang ternyata menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang akhirnya menimbulkan rasa nyeri di perut.

Rasa nyeri di perut bisa semakin buruk karena tubuh juga mengeluarkan bahan kimia bernama prostaglandin yang dapat memicu otot rahim terus berkontraksi. Selain itu, prostaglandin juga memicu kondisi lainnya seperti terasa mual, diare, lemas atau pun sakit kepala yang disertai dengan rasa nyeri. 

Istilah dalam medis, sakit perut saat haid dikatakan sebagai dismenore. Dismenore sendiri terbagi menjadi dua yaitu dismenore primer dan dismenore sekunder, berikut penjelasan singkatnya.
1. Dismenore primer
Rasa nyeri yang umum dialami perempuan terutama di sekitar masa awal mensturasi.

2. Dismenore sekunder
Nyeri yang terjadi lebih awal daripada nyeri menstruasi biasa dan berlangsung lebih lama dan biasanya tidak pernah terjadi di periode haid sebelum-sebelumnya. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh masalah atau gangguan seperti Endometriosis, radang panggul, adenomiosis, fibroid, Intrauterine device (IUD) dan stenosis leher rahim.

Sebagian perempuan lebih berisiko mengalami nyeri yang berlebihan karena mengalami beberapa hal seperti volume haid menjadi lebih banyak, mengalami menstruasi pertama sebelum usia 11 tahun, mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, belum pernah hamil, dan mengonsumsi alkohol atau merokok.

Jadi, sudah tahu kan apa yang menyebabkan perut terasa nyeri di saat kamu sedang menstruasi? Lalu sering muncul pertanyaan apakah boleh minum Natur-E disaat haid atau menstruasi? Menurut para ahli di bidang kesehatan, minum Natur-E saat haid aman dilakukan. Sebab, Natur-E mengandung sumber vitamin E terbanyak yaitu minyak biji gandum dan minyak biji matahari dari bahan alami.

Vitamin E alami jauh lebih aman dikonsumsi jika dibandingkan vitamin E sintetis. Jadi sekalipun kamu minum Natur-E saat haid, tidak akan membuat perut kamu terasa nyeri, memperparah atau malah menimbulkan masalah baru pada perut kamu. Sebaliknya, minum Natur-E saat haid dengan kandungan vitamin E terbaiknya malah bisa membantumu menghilangkan bekas jerawat yang biasa bermunculan sebelum dan saat haid serta sering membuat kamu tak percaya diri. Untuk itu, kamu bisa menyiasatinya dengan selalu menjaga kebersihan kulit wajah dan rutin minum Natur-E saat haid!

Aturan Minum Natur-E
Meski baik dikonsumsi secara rutin, bukan berarti tidak ada aturan minum Natur-E yang harus diikuti. Sebaiknya sesuaikan dosis Natur-E kapsul dengan usiamu. Berikut aturan minum Natur-E yang dianjurkan berdasarkan usia:
1. Usia 17-25 tahun: 1x sehari Natur-E Hijau 
2. Usia 26-34 tahun: 1x sehari Natur-E Orange 300 (pagi, siang atau malam)
3. Usia 35 tahun ke atas: 1x sehari Natur-E Putih Advanced 

Baca juga :
triger otp-1

Kode akan dikirim ke nomor berikut:


triger otp-2

Masukkan kode kamu
di sini:


triger otp-3

Kode yang kamu masukkan salah.

Yuk cek lagi!